Arti Serta Kelebihan dan Kekurangan Rooting Pada Android

http://rootingandroidphones.com/wp-content/uploads/2012/12/Rooting-Android-Phones.jpg

Istilah Rooting di Android
Android dan Rooting, merupakan dua istilah yang tak bisa dipisahkan di dunia teknologi khususnya smartphone yang berbasis android. Apalagi di jaman seperti ini, handheld-handheld android sudah bermunculan bagai jamur di musim hujan, baik itu dari merk-merk terkenal seperti Sony, Samsung, LG, hingga merk-merk local seperti Axio, Advan,Smartfren. Tapi, sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu android dan juga rooting.
Android, adalah sebuah system operasi Linux yang ditujukan untuk seluler, seperti smartphone dan computer tablet. Android adalah open source jadi memberikan kesempatan kepada pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan di berbagai perangkat seluler dan tablet yang berbasis android.
Lanjut ke rooting, secara sederhana root bisa diartikan sebagai memberikan akses penuh kepada user untuk mengubah, mengotak atik, memodifikasi system android. Sama halnya dengan istilah administrator di windows 7 yang digunakan untuk bisa mengakses file system. Nah, di system android sendiri pun juga begitu, dengan adanya root kita bisa mengubah dan mempunyai hak akses terhadap system Android.
Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi android dan rooting adalah dua istilah yang tidak bisa dipisahkan, karena di kalangan pengguna android sendiri banyak yang menganggap rooting adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan, intinya adalah handheld android belum dianggap android kalau belum diroot, dan bagi kalangan user android pun kalau belum meroot android mereka belum sah menjadi pengguna android.
Keuntungan root android.
1. Overclock Android
Dengan dilakukannya overclok pada android alhasil bisa membuat  handheld android menjadi lebih powerfull, overclok terhadp processor juga bisa meningkatkan kinerja dan membuat android lebih responsive. Tapi semua itu hanya dapat dilakukan jika sudah berhasil meroot android dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan overclok terhadap android.
2. Uninstal Bloatware
selama ini kita hanya mengenal software dan hardware, sedangkan bloatware? Apa itu? Bolatware adalah aplikasi-aplikasi bawaan dari vendor, yang terkadang malah tidak berguna dan memenuhi memori internal (system). Nah, dengan adanya root, kita bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan dari vendor.
3. Backup
Ya, dengan root android kita bisa membackup android, tapi tunggu dulu yang dimaksud backup disini adalah membackup penuh android, tidak hanya backup kontak,sms,dan setting saja. Tapi, hal ini dibantu dengan program yang bernama CWM(Clockworkmod), aplikasi yang paling terkenal di antara user android, aplikasi ini tidak hanya bisa membackup penuh android, tetapi juga bisa mengcustomisasi system android.
4. Memindahkan aplikasi dari system ke SD Card.
Sebenarnya untuk memindahkan aplikasi dari system ke SD card tidak perlu root android, tapi itu terbatas hanya untuk aplikasi tertentu. Oleh, karena itu dengan root android kita bisa memindahkan semua aplikasi dari internak ke eksternal dengan menggunakan aplikasi yang bernama Link2SD.
Kerugian root android
1. Rentan terhadap serangan Virus
Dengan melakukan root, tentu saja bisa mempermudah kita bahkan sesuatu yang tidak dikenal mengakses file system. Oleh karena itu, jika tidak hati-hati bisa saja handhel android kita sangat mudah terkena oleh virus, tapi jangan khawatir dulu ada sebuah istilah yang sanga terkenal “Virus tidak akan menyebar jika tidak ada penangkalnya” yang artinya banyak sekali antivirus yang dibuat untuk android yang bisa digunakan untuk membasmi virus.
2. Kehilangan Garansi
Dengan root android bisa saja vendor menghanguskan garansi handheld kita, tapi sekali lagi jangan khawatir, saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk unroot android alias mengembalikan handheld android seperti sedia kala.
Oke, mungkin itu yang saya bisa paparkan mengenai rooting android, keputusan untuk root atau tidak tergantung keputusan masing-masing dari user android sendiri. Tapi, dengan berbagai keuntungan yang didapat setelah root android, menurut saya sendiri root android sangat worth untuk dilakukan.

Comments
2 Comments

2 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    terimakasih informasinya gan, kalau ada waktu mampir juga ke blog ane http://www.uluhitahkea.tk/
    SALAM INFORMATIKA

Posting Komentar

Silakan berkomentar tapi saya harap berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan sopan

 
Kumpulan Apk Android © 2012 | Designed by Cheap TVS, in collaboration with Vegan Breakfast, Royalty Free Images and Live Cricket Score